Apa itu Scopus dan Hubungannya dengan Scimago?

jasakonsultasiskripsitesisdisertasi.com - Scopus merupakan wadah referensi atau rujukan yang didalamnya berisi tentang abstrak dan cuplikan (kutipan). Abstrak dan kutipan yang dimaksud adalah terkait artikel jurnal akademik, buku ilmiah, dan makalah seminar (prosiding). Scopus adalah wadah referensi atau pangkalan data yang dimiliki oleh Elsevier yaitu salah satu publisher tertua yang berasal dari Amsterdam, Belanda. Elsevier menyediakan artikel secara online dengan sistem berlangganan. Scopus pada dasarnya memiliki empat fokus bidang keilmuan, yaitu life sciences, health sciences, physical sciences dan social sciences & humanities. Scopus diperkenalkan oleh Penerbit Elsevier sebagai pesaing dari Web of Science (WOS) yang diterbitkan oleh Penerbit Thomson Reuters.

Scopus dalam menerbitkan artikel juga menunjukkan profil penulis yang mencakup afiliasi, jumlah publikasi dan data bibliografinya, referensi, serta rincian tentang jumlah kutipan setiap dokumen yang dipublikasikan. Menurut situs resminya (www.scopus.com), Scopus memiliki database artikel lebih dari 22.000 file judul di berbagai bidang penelitian dari lebih dari 5000 penerbit yang selalu diperbarui setiap harinya.

Scopus disamping sebagai wadah atau pusat referensi juga menyediakan layanan lain berupa layanan untuk memberikan nilai pada suatu artikel apakah memiliki dampak signifikan atau tidak terhadap keilmuan. Layanan untuk menilai dampak artikel ini disebut sebagai Scimago Jurnal Rank (SJR). Scimago Jurnal Rank bertujuan secara rinci yaitu mengukur sejauh mana dampak secara kelimuan hasil yang ada pada artikel dalam suatu jurnal.