Cara Menemukan Fenomena Penelitian Bidang Ilmu Sosial

Cafe Skripsi - Kali ini akan berbagai informasi terkait sumber-sumber informasi yang dapat digunakan sebagai bahan membangun fenomena penelitian. Fenomena penelitian itu sendiri pada dasarnya dapat dibangun menggunakan tiga cara, yaitu berdasarkan fenomena atau kejadian lapangan, berdasarkan gap empiris atau gap artikel jurnal hasil penelitian, dan berdasarkan teori yang belum dapat teraplikasi atau masih terjadi perdebatan.

Jika diperinci fenomena berdasarkan kejadian lapangan atau apa yang terdapat dilapangan biasanya penelitian ini menjadi fokus peneliti Sarjana (S1). Sedangkan fenomena yang dibangun berdasarkan gap artikel hasil penelitian atau biasanya disebut gap jurnal itu menjadi fokus peneliti Pascasarjana (S2) dan fenomena yang dibangun berdasarkan gap teori atau teori yang belum teraplikasi menjadi domain atau fokus peneliti Doktoral (S3).

Baik, kali ini kami akan berbagai hanya terkait dengan gap berdasarkan fenomena atau kerjadian lapangan yang menjadi domain fokus Sarjana (S1). Pada dasarnya kejadian lapangan ini bukanlah gap tetapi merupakan kejadian aneh yang terjadi secara tidak wajar sehingga perlu dilakukan penyelidikan atau penelitian untuk mengetahui penyebabnya.

Contoh penggambaran dan penjelasan atas kasus pada bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) yang mudah dipahami dan dismulasikan yaitu penelitian yang mengukur terkait kinerja karyawan dengan jumlah target produksi. Perhatikan tabel target produksi pembuatan pakaian atau kemenja yang kami simulasikan agar mudah memahami.

Bulan
Target Produksi
Pencapaian Produksi
Keterangan
Januari
1000 pcs
990 pcs
Tidak Target
Februari
1000 pcs
1030 pcs
Lebih Taget
Maret
1000 pcs
1005 pcs
Lebih Taget
April
1000 pcs
998 pcs
Tidak Target
Mei
1000 pcs
1000 pcs
Tercapai
Juni
1000 pcs
950 pcs
Tidak Target
Juli
1000 pcs
1015 pcs
Lebih Taget
Agustus
1000 pcs
1010 pcs
Lebih Taget
September
1000 pcs
975 pcs
Tidak Target
Oktober
1000 pcs
1002 pcs
Lebih Taget
Novermber
1000 pcs
1008 pcs
Lebih Taget
Desember
1000 pcs
995 pcs
Tidak Target

Simulasi tersebut menunjukan bahwa terdapat 5 bulan yang tidak mencapai target produksi karena pencapaian produksi dibawah target. Hal tersebut pertanyaan pastinya, kenapa kinerja karyawan menurun atau tidak stabil? Itulah yang disebut fenomena, kenapa hal itu terjadi maka peneliti harus mampu menjelaskan fenomena tersebut agar dapat diterjemahkan ke dalam penelitian.

So akhirnya, simulasi kinerja karyawan yang diukur dengan data target dan pencapaian produksi pada kasus kinerja karyawan diketahui bahwa penelitian bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) akan fokus (tertarget) dilakukan dengan merujuk pada penelitian kasus terkait kinerja karyawan pada objek yang menjadi permasalahan. Tetapi perkembangan saat ini bahwa penelitian untuk Sarjana (S1) tidak cukup hanya berdasarkan fenomena kinerja karyawan saja tetapi juga diharuskan mencari ateseden atau faktor yang membentuk atau mempengaruhi kinerja karyawan. Itulah mengapa penting sekali bahwa peneliti harus mampu memahami fenomena lapangan juga kajian empiris (hasil-hasil artikel jurnal terkait).

Tunggu Lanjutan Tentang Cara Menemukan Fenomena Penelitian Bidang Ilmu Sosial Selanjutnya ya...........