Jenis-Jenis Penelitian (Exploratory, Explanatory, dan Descriptive Reseach)

jasakonsultasiskripsitesisdisertasi.com – Rumitan aka menjelaskan sekilas terkait dengan jenis penelitian. Jenis penelitian pada dasarnya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Exploratory, Explanatory, dan Descripotive. Mari kita bongkar sama-sama.

Exploratory Research (Riset Penjelajahan)
Penelitian ini memiliki sifat menjelajah, sifat tersebut bertujuan memperdalam ilmu pengetahuan mengenai suatu gejala tertentu yang dimaksudkan sebagai cara untuk mengembangkan hipotesa. Hipotesa dalam penelitian penjelajahan dikembangkan atau dijabarkan secara mendalam karena fenomena atau permasalahan dari penelitian masih sangat terbuka dan belum ada hipotesa sebelumnya. Penelitian jenis ini biasanya dilakukan apabila pengetahuan tentang fenomena yang akan diteliti masih kurang (sedikit) atau bahkan tidak ada sama sekali referensi.
Penelitian jenis ini seringkali dianggap remeh, karena dianggap belum ada kajian sebelumnya dan seakan-akan tidak ada unsur ilmiahnya. Anggapan remeh tersebut disebabkan oleh sifatnya dari penelitian yang sangat terbuka dan masih kurang terarah (tidak fokus). Pada dasarnya penelitian jenis ini sesungguhnya merupakan titik awal penelitian yang lebih luas atas subjek dan objek tertentu. Penelitian yang memiliki sifat menjelajah jenis ini seringkali berupa studi kasus yang dijadikan sebagai landasan riset yang akan dilakukan.

Explanatory Reseach (Riset Penjelasan / Pengujian Kembali)
Penelitian ini memiliki sifat menerangkan karena riset akan dilakukan apabila pengetahuan tentang masalah yang diteliti cukup, artinya bahwa sudah ada kajian empiris yang telah dilakukan sebelumnya yang menguji berbagai hipotesa, sehingga terkumpulah banyak kajian empiris atau hipotesa-hipotesa dari hasil pengujian sebelumnya. Penelitian ini akan sangat mudah dilakukan apabila peneliti telah memiliki banyak rujukan kajian empiris terdahulu yang akan dijadikan sebagai pondasi riset saat ini.
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu menguji hipotesa yang telah dilakukan sebelumnya atau telah ada dalam rangka memberikan justifikasi untuk membenarkan atau memperkuat hasil tersebut. Berbagai penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, banyak penelitian jenis ini dilakukan dalam rangka untuk menguji hubungan antara satu atau lebih gejala atas variabel terikat yang disebabkan satu atau banyak gejala atas variabel bebas. Bentuk penelitian ini yaitu eksperimen namun dalam penelitian bisnis tidak dilakukan eksperimen karena subjek maupun objek berupa peristiwa-peristiwa yang tidak dapat diulang. Meskipun dapat terulang tetapi tidak dapat menghasilkan peristiwa yang sama persis.

Descriptive Research (Riset Penggambaran)
Penelitian ini memiliki sifat yaitu menggambarkan sesuatu secermat mungkin terkait keadaan, gejala, individu, atau kelompok tertentu. Hasil penelitian ini seringkali bertolak belakang dengan hasil penelitian sebelumnya. Adapun tujuan penelitian jenis ini yaitu untuk mempertegas atau menguatkan hipotesa-hipotesa yang telah ada sebelumnya, sehingga dapat membantu dalam pembentukan teori baru atau memperkuat teori lama. Penelitian ini biasanya menggunakan data kualitatif, namun dapat juga menggunakan data kuantitatif. Apabila data kuantitatif yang digunakan maka penelitian akan berfokus pada frekuensi atau penyebaran suatu gejala atau hubungan antara gejala dengan faktor lain.


Semoga bermanfaat, Salam Sahabat Orang Rumah Inspirasi Penelitian.
Jangan lupa bagikan (share) dan juga Like Facebook Fanpage: Rumitan | Jasa Skripsi MalangFollow Instagram: Jasa Skripsi Malang & Jasa Skripsi MalangFollow Twitter: Jasa Skripsi Malang & Jasa Skripsi Malang