Skala Pengukuran Data (Teknik Pengukuran Data) dalam Penelitian Kuantitatif

jasakonsultasiskripsitesisdisertasi.com - Kali ini akan menjelaskan salah satu unsur dalam metode penelitian yaitu Skala Pengukuran Data atau Teknik Pengukuran Data. Skala pengukuran adata merupakan topik penting yang sangat perlu untuk dibahas karena sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan penelitian itu sendiri. Skala pengukuran merupakan alat atau mekanisme penting dalam membedakan individu-individu ke dalam variabel-variabel dalam penelitian. Skala pengukuran data yang merupakan bagian penting dari metode penelitian memiliki beberapa macam tipe atau jenis yang umum dan sering kita dengar, yaitu: skala nominal (nominal scale), skala ordinal (ordinal scale), skala interval (interval scale), dan skala rasio (ratio scale).

Skala Nominal
Skala nominal merupakan tipe pengukuran yang paling sederhana, yaitu dimana angka yang melekat pada objek diperlakukan sebagai label atau pembeda antara objek satu dengan objek yang lain. Seringkali skala nominal dimanfaatkan untuk menjelaskan atau mengidentifikasi terhadap status responden atau kategori kelompok responden saja, misalkan gender untuk laki-laki (man) dan perempuan (woman). Skala nominal merupakan skala yang hanya bernilai klasifikasi, dalam statistik disebut kategorisasi yang tidak dapat difungsikan sebagai nilai yang dapat dihitung secara matematis.

Skala Ordnial
Skala ordinal merupakan skala yang menunjukan posisi atau jenjang suatu angka. Seringkali skala ini dimanfaatkan untuk memberikan responden atau sampel penelitian suatu pilihan tentang arah jawaban yang diinginkan oleh peneliti. Misalkan, Sangat Tidak Baik, Tidak Baik, Cukup Baik, Baik, Sangat Baik. Skala ini mirip dengan skala nominal yang memberikan nilai klasifikasi dan order pada objek tetapi skala ordinal memiliki tingkatan data, karena ada data dengan urutan yang lebih tinggi dan data dengan urutan yang lebih rendah.

Skala Interval
Skala interval merupakan tipe penskalaan yang tidak hanya memberikan informasi acuan tentang suatu urutan atau hierarki suatu objek tetapi juga memberikan informasi penting terkait tentang suatu jarak yang dimiliki diantara urutan tersebut.  Skala ini berbeda seratus delapan puluh derajat dengan skala raio yaitu tidak menempatkan nilai nol sebagai unsur dasar pengukuran sehingga angka nol juga tidak memiliki atau menjadi acuan titik nol absolut.

Skala Rasio
Skala rasio merupakan skala lawan yang menjadi kebalikan dari skala interval yaitu menempatkan nilai nol atau titik nol absolut sehingga nilai nol memiliki makna yang dapat dijelaskan sesungguhnya. Angka nol akan diperlakukan sebagai angka yang menjadi unsur dasar perhitungan dan pengukuran pada suatu penelitian.

Kegunaan Pengukuran Skala secara Matematis dan Statistik
Skala
Operasi Numerik
Operasi Statistik
Nominal
Perhitungan
Frekuensi, Modus
Ordinal
Penyusunan Peringkat
Median, Range, Percentile
Interval
Perhitungan Aritmatik pada Angka-angka Interval
Mean, Standar Deviasi, Varians
Rasio
Perhitungan Aritmatik pada Angka-angka Aktual
Mean Geometric, Coefficient of Variation