Teknik Penskalaan Data dalam Penelitian Sosial

Cafe Skripsi - Kali ini akan menjabarkan apa sih teknik penskalaan?. Kuseioner merupakan salaha satu unsur penting dalam suatu penelitian. Kuesioner dengan teknik penskalaan yang baik akan menghasilkan penelitian yang efektif dan efisien. Ada beberapa teknik penskalaan, yaitu Dichotomus Scale (Skala Dikotomi), Category Scale (Skala Kategori), Likert Scale (Skala Likert), Semantic Differential Scale (Skala Diferensial Semantik), Numerical Scale (Skala Numerik), Itemized Rating Scale (Skala Rating Perincian), Fixed or Constant Sum Rating Scale (Skala Jumlah Skor Tetap atau Konstan), Stapel Scale (Skala Stapel), Graphic Rating Scale (Skala Penilaian Grafis), Consensus Scale (Skala Konsensus), dan Ranking Scale (Skala Ranking).

Dichotomus Scale
Skala ini digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan jawaban responden berupa jawaban, “Ya” atau “Tidak”. Skala ini juga sering disebut Skala Guttman.

Category Scale
Skala ini digunakan oleh penliti untuk mendapatkan jawaban responden yang diarahkan pada beberapa kategori atau klasifikasi jawaban yang mengandung pre-eliminary survey.

Likert Scale
Skala ini digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan jawaban responden mengenai bobot dari setiap jawaban. Skala ini menggunakan angka ganjil seperti 1, 3, 5, 7 dan seterusnya dengan tujuan yaitu untuk mempermudah penentuan mean.

Semantic Differential Scale
Skala ini digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan jawaban responden dalam mendapatkan nilai yang mirip dengan skala Likert, namun bedanya skala ini tidak menitik beratkan pada bobot setiap item jawabannya tetapi jawaban dibuat perbandingan yang ekstrim. Responden atau subjek penelitian hanya diminta memberikan jawaban atas alternatif berdasarkan persepsinya.

Numerical Scale
Skala ini mirip dengan Semantic Differential, hanya bedanya pada pemberian angka pada setiap jawabanya.

Itemized Scale
Skala ini mirip dengan skala Likert, hanya perbedaanya pada formulir pengisian serta pilihan jawaban yang telah ditentukan dalam skala yang sama.

Fixed or Constant Sum Rating Scale
Skala ini digunakan peneliti untuk meminta responden memberikan pembobotan sendiri pada tingkat kepentingan atau pendapatnya. Skala ini menekankan responden lebih pada prioritas berdasarkan pengethuan sendiri secara bebas tetapi tetap mengarah ke penelitian yang diharapkan.

Stapel Scale
Skala ini digunakan peneliti untuk mendapatkan data mengenai arah serta intensitas pilihan atau jawaban responden. Skala ini memberikan tanda positif jika mengarah ke baik melebihi standar dan sebaliknya

Consensus Scale
Skala ini digunakan peneliti untuk mendapatkan masukan secara bebas baik dari peneliti maupun responden dengan kesepakatan yang telah ditentukan ataupun secara bersama-sama. Biasanya skala ini sebelum dibuat maka peneliti akan mengundang responden baik secara total maupun perwakilan untuk mendiskusikan arah penelitian.

Ranking Scale
Skala ini digunakan oleh peneliti yang bertujuan meminta responden untuk menyusun ranking berdasarkan faktor tertentu.