Uji Validitas Data dan Jenisnya dalam Penelitian Sosial

Cafe Skripsi - Kali ini akan bagi sedikit info terkait uji validitas. Uji validitas atau uji keabsahan data dikenal memiliki dua konsep dasar yaitu validitas eksternal dan validitas internal. Pengukuran validitas eksternal berhubungan erat dengan hasil dari suatu penelitian, sedangkan pengukuran validitas internal diuji dengan beberapa cara yaitu validitas isi, validitas kriteria, dan validitas konstruk. Validitas eksternal merupakan hasil suatu penelitian yang menunjukan bahwa penelitian tersebut dapat digeneralisasikan. Hasil dari validitas eksternal dapat ditingkatkan dengan dua cara, yaitu menambah jumlah sampel sebanyak mungkin dan dengan membandingkan instrumen yang ada dilapangan (empiris). Sedangkan validitas internal terbagi atas tiga bagian, yaitu validitas isi, validitas kriteria, dan validitas konstruk.

Validitas Isi
Validitas internal merupakan uji instrumen secara internal dengan didasarkan pada penekanan nilai isi dari Bivariate Correlation Pearson dan Corrected Item-Total Correlation. Bivariate Correlation Pearson merupakan validitas isi yang menunjukan tingkat seberapa besar item-item instrumen mewakili konsep yang diukur. Uji validitas isi akan mengukur dan menggambarkan dimensi, indikator, dan relevansi dengan konsep yang digunakan. Sedangkan analisis atau uji data instumen validitas internal isi yang didasarkan pada Corrected Item-Total Correlation yaitu menganalisis data dengan menekankan pada korelasi masing-masing skor item dengan skor total serta melakukan koreksi dari hasil nilai koefisien korelasi yang sangat over estimated (diatas rata-rata estimasi).

Valditas Kriteria
Validitas kriteria sangat berhubungan erat dengan cara mengukur perbedaan-perbedaan individual yang didaarkan denga kriteria tertentu. Validitas ini memiliki dua jenis, yaitu validitas simultan dan validitas prediktif. Perbedaan pada kedua validitas tersebut ada pada dimensi waktuya. Vailditas simultan sangat berhubungan erat dengan kebenaran saat ini, sedangkan validitas prediktif sangat erat hubungan dengan kebenaran di masa yang akan datang.

Validitas Kontruk
Validitas konstruk merupakan salah satu bagian dari tiga bagian validitas internal. Validitas konstruk sangat berhubungan erat dengan seberapa baik hasil-hasil yang dihasilkan atas penelitian yang dilakukan. Validitas ini didasarkan pada penggunaan alat ukur yang sesuai dan cocok dengan teori-teori yang digunakan untuk menjelaskan serta mendefinisikan konstruk atau model yang diteliti. Validitas biasanya atau seringkali diuji dengan validitas konvergen (convergent validity), validitas diskriminan (discriminat validity), dan AVE (average variace extracted).