9 Software Analisis Data Statistik untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Apa kabar kawan? Tentu baik bukan. Semangat berlomba dalam kebaikan juga semangat untuk membahagia orang tua yang dimulai dengan meraih gelar impian. Kali ini kami akan bagikan informasi terkait beberapa software yang bisa kamu gunakan untuk analsis data dalam penelitian kuantitatif.

Baca: Cara Menemukan Fenomena Penelitian

Microsoft office
Microsoft office merupakan software yang selalu tersedia di setiap komputer maupun laptop, karena microsoft office adalah aplikasi paling dasar yang dapat digunakan untuk analis data. Banyak rumus atau formula yang membantu dalam proses analisis data. Namun kekurangannya masih manual terutama dalam mengambil data yang spesifik, juga terkadang karena tipe komputer yang berbeda rumus menjadi salah dan hasil tidak keluar.

SPSS
SPSS merupakan aplikasi atau software statistik yang sangat populer mulai dari tahun 70an – saat ini di kalangan peneliti. Software atau aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan besar yaitu IBM. SPSS sudah ada sejak tahun 1968 sampai saat ini. Software ini sangat cocok untuk berbagai bidang eksak maupun sosial humaniora. Namun berdasarkan sejarah awal aplikasi ini dikembangkan untuk olah data ilmu sosial. SPSS (Statistical Package for Social Science) tidak heran bukan apabila sering digunakan dalam kajian data ilmu sosial humaniora. Dimana sering digunakan pada bidang sosial, komunikasi, pemasaran, pendidikan, politik, sosial, kesejahteraan, kegamaan, politik, bahasa maupun kesehatan dan obat-obatan.

Apabila data berupa kuesioner atau hasil survei lapang dan kita ingin menampilkan menjadi sebuah hasil maka SPSS memiliki berbagai fitur utama dan pendukung. Demikian juga apabila kita akan menganalisis dan menampilkan dalam bentuk grafik atau boxplot maka akan muncul berbagai jenis grafik yang bisa dipilih dan sesuai kaidah ilmiah. SPSS bisa digunakan untuk uji statistik deskriptif, statistik kuantitatif, distribusi frekuensi, uji parametrik dan non parameter, korelasi, regresi, mean, median, modus serta berbagai statistik multivariasi lain.

Baca: Fenomena Paylater atau Dana Talangan yang Menggiurkan

E-View
Econometric Views merupakan software statistik yang memang dikembangkan oleh QMS (Quantitative Micro Software). Aplikasi ini diluncurkan tahun 1994. Aplikasi ini sangat populer di kalangan ekonom atau peneliti bidang ekonomi lain. E-views dapat menampilkan atau mengolah data dengan berbagai keinginan tampilan atau rumus yang beraneka. E-views dapat digunakan untuk berbagai macam uji atau analisis statistik lengkap yang tersedia langsung dalam aplikasi ini.

Minitab
Minitab adalah software atau aplikasi olah data yang dirancang untuk melakukan olah data statistik. Minitab bisa digunakan untuk imu eksak dan sosial humaniora. Minitab dikembangkan tahun 1972. Ada berbagai rumus yang tersedia dan mendukung untuk statistik parametrik. Kekuranganya adalah tidak semua komputer support dengan minitab dan apabila menggunakan rumus lanjutan harus mengulang atau menambah fitur baru.

SAS
SAS (Statistical Analysis System) merupakan softaware analisis statistik yang dirancang dan dikembangkan oleh SAS Institute. Aplikasi atau software ini diluncurkan pada tahun 1966. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman komputer dan memungkinkan melakukan entri data, analisis statistik, peramaian riset operasi, peningkatan data dan pengembangan. SAS sudah memiliki fitur yang lengkap dan dapat digunakan dibidang eksak maupun sosial humaniora namun beberapa memerlukan bahasa pemrograman sehingga agak sulit bagi pengguna baru.

Baca: Apa sih Uji Validitas?

Lisrel
Program Lisrel atau Linear Structural Relationship merupakan aplikasi pengolah data atau software analisis statistik untuk menganalisa penelitian yang sering digunakan dalam bidang ilmu pendidikan. Lisrel dirancang dan dikembangkan tahun 1973. Aplikasi atau software ini dapat digunakan untuk menganalisis data kuantitatif terutama pendidikan agar hasil penelitian lebih terperinci yang didalamnya termasuk memunculkan angka – angka kecil.

AMOS
Amos memiliki kepanjangan Analysis of Moment Structure yang merupakan aplikasi optimalisisi model SEM.  AMOS memberikan kemudahan dalam penyederhanaan hitungan atau angka menjadi lebih mudah terbaca. AMOS juga merupakan salah satu software yang dapat menganalisis untuk data multivariat.

Baca: Bagaimana Menentukan Skala Pengukuran Data dalam Penelitian Kuantitatif

R-Software
Software ini adalah aplikasi gratis dibawah lisensi GNU.  Software ini dapat digunakan untuk menganalisis ilmu sosial maupun eksakta. Beberapa fiturnya bisa dirubah namun aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman sehingga terkadang menyulitkan bagi pengguna baru.

Stata
Stata memiliki kepanjangan Statistika dan Data. Aplikasi ini digunakan untuk analisa kuantitaif yang cukup detail. Stata diluncurkan pada tahun 1985. Stata sering digunakan untuk menganalisis dalam bidang ekonomi, sosiologi, manajemen maupun epimologi. Bisa menampilkan berbagai grafik dan diagram yang bervariasi dan data yang teratur.

Sekarang sudah mulai dikembangkan beberapa aplikasi olah data di android, namun terkadang kurang detail dalam rumusnya. Semuanya tergantung peneliti akan memakai software yang mana.